7 PARTS WAJIB DI CEK SEBELUM RIDING !!

Melakukan pengecekan kondisi sepeda sebelum memulai riding merupakan kegiatan yang sangat penting harus dilakukan. Hal tersebut dapat meningkatkan kenyamanan lebih ketika sepeda digunakan. Selain itu, pentingnya untuk mengetahui parts sepeda yang wajib di cek dapat meningkatkan keamanan saat bersepeda.

Bukan hanya itu, dengan memastikan bahwa sepeda dalam kondisi baik akan membantu meningkatkan kinerja saat bersepeda. Ketika komponen sepeda bekerja dengan baik, maka kita dapat mengendarainya dengan lebih mudah dan lebih efisien.

Dan berikut 7 parts wajib dicek sebelum riding : 

1. Bottom Bracket

Part sepeda yang wajib di cek sebelum riding yang pertama adalah bottom bracket. Bottom Bracket wajib diganti apabila putarannya sudah kasar karena disebabkan bearing yang kotor. Penggantian bottom bracket perlu dilakukan apabila terdapat gejala pada sepeda anda seperti suara berdecit dan berderit saat mengayuh pedal, getaran atau kebisingan yang tidak biasa, rantai crankset atau pedal sulit untuk diputar. Ketika gejala tersebut anda alami, ada kemungkinan perlu melakukan pergantian bottom bracket.  

Saat mengganti bottom bracket pastikan anda mengetahui jenis bottom bracket yang dibutuhkan sepeda anda, seperti threaded atau press-fit. Selain itu juga ukuran dan jenis sistem crankset yang digunakan perlu diperhatikan. 

Best Product Category

2. Bar Tape

Part sepeda yang wajib di cek selanjutnya adalah bar tape. Bar Tape wajib diganti apabila sudah mengalami grip yang sudah berkurang. Hal tersebut ditandai dengan warna yang memudar atau terlihat kusam dengan goresan atau ada bagian yang terlepas. Kondisi cuaca ekstrem atau basah merupakan salah satu faktor penyebab bar tape lebih cepat diganti. Oleh karena itu, pemeliharaan yang lebih sering mungkin diperlukan dalam situasi tersebut.

3. Pulley

Pulley merupakan salah satu komponen penting yang harus di cek ketika ingin melakukan riding. Istilah pada sepeda dikenal sebagai jockey wheels. Pulley perlu diganti apabila sudah mengalami bearing seret dan tidak berputar. Jika merasakan ketidakhalusan atau kekasaran saat memutar, maka bisa jadi tanda bahwa bantalan sudah aus atau rusak. Periksa gigi pada pulley untuk melihat apakah ada tanda-tanda keausan yang berlebihan. Gigi yang sudah terlalu tajam atau aus dapat mempengaruhi kinerja shifting atau perpindahan gigi.

Best Product Category

4. Chain

Part sepeda yang wajib di cek selanjutnya adalah chain. Kondisi chain sangat penting karena ketika kondisi chain sudah tidak sesuai indikatornya maka diharuskan untuk mengganti chain tepat waktu untuk mencegah keausan berlebihan pada gigi kaset dan chainring sehingga mengurangi kinerja system transmisi sepeda.

Ketidakstabilan saat bersepeda dan suara pemindahan gigi yang kasar merupakan indikasi bahwa rantai yang digunakan perlu diganti. Jarak tempuh yang signifikan dan intensitas pemakaian sepeda yang tinggi dapat menyebabkan keausan pada rantai sehingga perlunya pergantian yang rutin dengan melakukan pengecekan secara berkala.

5. Brake Pads

Selanjutnya, part sepeda yang wajib di cek adalah brake pads. Pergantian brake pad pada sepeda perlu dilakukan apabila ketebalannya sudah berkurang dari 3mm atau brake pads yang kondisinya retak atau patah. Selain itu, kondisi dimana Jika anda merasa harus menekan brake lever terlalu jauh ke handlebar untuk mendapatkan pengereman yang efektif maka ini bisa menjadi tanda bahwa brake pad sudah aus. Hal tersebut dapat membahayakan pengguna sepeda karena pengereman terasa kurang efektif atau membutuhkan usaha yang lebih besar untuk mendapatkan daya rem yang kuat.

Best Product Category

6. Tube & Tyre

Tube & Tyre dianggap sudah tidak layak digunakan apabila terdapat perubahan fisik ekstrim seperti ban botak, serta sobek. Keausan yang berlebihan pada ban hingga retak dapat mempengaruhi kinerja pengereman dan membahayakan keamanan untuk pesepeda. Hal tersebut perlu pengecekan rutin secara visual sebelum berkendara apakah ban masih layak dipakai atau harus segera diganti.

Best Product Category

7. Shifting

Shifting sepeda harus diganti apabila pemindahan gigi mengalami masalah seperti tidak presisi sehingga harus di set ulang. Apabila tidak di set ulang akan menyebabkan kerusakan pada mata gear dan rantai. Selain itu, jika transmisi sering slip atau ada perpindahan gigi yang terlewat maka bisa jadi system shifting perlu diganti.

Best Product Category

Temantechno, itulah parts sepeda yang wajib di cek sebelum melakukan riding. Pengecekan secara rutin bertujuan agar saat mengendarai sepeda tetap mengutamakan keamanan dan kenyamanan bersepeda. Selain itu dengan memastikan sepeda dalam kondisi baik, maka akan membantu meningkatkan performa sepeda. Jika temanchno memiliki kendala terkait sepeda dan membutuhkan informasi lebih lengkap. Maka anda bisa mengunjungi website di Technobike.com dan menghubungi kontak WA kami atau kunjungi e-commerce untuk mencari barang yang temantechno butuhkan. 

Baca juga: BMC Teammachine SLR Seven.

Scan the code
Open Chat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

;
This site uses cookies to offer you a better browsing experience. By browsing this website, you agree to our use of cookies.
Open chat
1
Hii dengan technobike, ada yang bisa kami bantu. boleh chat wa kami, terima kasih